Ini Himbauan Gugus Tugas Covid-19 Sikapi Kondisi Terkini di Morut

Morut, Akuratnews.com - Setelah diketahui informasi, bahwa berdasarkan hasil swap tes laborium, Bupati Morut, Aptripel Tumimomor dinyatakan positif corona virus disease 2019 (covid-19), kondisi masyarakat Morut mulai panik.

Sejumlah pihak mulai mengambil langkah kongkrit dan bergerak untuk mengantisipasi penyebaran yang lebih luas. Salah satunya adalah gugus tugas covid-19 Morut dengan menyampaikan himbauan untuk menenangkan masyarakat.

Menurut Kadis Kesehatan Kabupaten Morowali Utara, Delnan Lauende, ada sebanyak delapan poin himbauan disampaikan untuk menyikapi situasi informasi positif covid-19 yang beredar di masyarakat.

Pertama, disampaikan bahwa saat ini gugus tugas atau satgas covid-19 Morut telah melakukan transmisi atau pemutusan mata rantai melalui sosial dystancyng alias Isolasi mandiri selama 14 hari. Bagi setiap orang yang terdata kontak langsung dengan protokol covid-19 yang telah ditetapkan.

Kedua, pihak satgas melalui RSUD Kolonodale telah melaksanakan Rappid test bagi beberapa orang kontak langsung yang hasilnya negatif, sesuai protokol covid-19 dan akan dilanjutkan rappid tes ke 2 di 7 sampai 10 hari kemudian.

Ketiga, diharapkan masyarakat untuk tetap tenang menjalani aktifitas dan tetap melaksanakan protokol covid 19 sesuai edaran pemerintah. Keempat, dilarang keras melaksanakan kegiatan-kegiatan yang mengumpulkan orang dalam jumlah lebih dari 7 atau 10 orang.

Kelima, tetap menjaga jarak, cuci tangan pakai sabun setiap kali akan dan setelah memegang sesuatu. Keenam, setiap orang yang baru tiba dari luar kota manapun wajib melaporkan diri pada petugas atau tim satgas untuk dilakukan pemantauan 14 hari.

Ketujuh, tetap semangat dalam hidup dengan melakukan aktifitas fisik seperti berolah raga , makan bergizi dan buah yang banyak mengandumg vitamin C. Kedelapan, perbanyak doa2 Pribadi kiranya Allah SWB SWT akan tetap melindungi kita semua dari Bencana covid 19 ini.

Penulis: Wardi Bania

Baca Juga