Kantor P2KP Bungku ‘Diserbu’ Warga Pembuat NPWP

Morowali, Akuratnews.com - Kurang lebih dua bulan terakhit, sejak november 2019, hingga awal januari 2020 Warga pembuat nomor pokok wajib pejak (NPWP) 'menyerbu' Kantor Pelayanan, Penyuluha dan Konsultasi Pajak (KP2KP) Bungku di Desa Ipi Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali Propinsi Sulawesi Tengah.

Hal ini disampaikan Kepala Kantor P2KP Bungku, Amor Palulu, SE saat ditemui wartawan media ini di ruang kerjanya, Kamis (2/1/2020). "Setiap hari pelayanan, ada sekitar 250 sampai 300 orang calon maupun wajib pajak harus kami layani," kata Amor Palulu.

Amor Palulu menuturkan, antusias para pembuat NPWP ini, dipicu dari adanya Peraturan Bupati (Perbub) tentang perpajakan yang mengharuskan pembuatan NPWP bagi semua wajib pajak yang berusaha di Morowali.

"Kemudian kami tindak lanjuti dengan melakukan sosialisasi di ruang pola Kantor Bupati Morowali kepada seluruh perusahaan di Morowali. Jadi, selain perusahaan, karyawan pun diwajibkan membuat NPWP," tuturnya.

Ia menambahkan, untuk batas waktu pembuatan NPWP hingga bulan Februari 2020, baik karyawan maupun perusahaan sudah melengkapi NPWPnya.

"Ini adalah bagian dari upaya pemerintah daerah Morowalu dalam meningkatkan pendapatan melalui sektor pajak, agar mendapat dana bagi hasil pajak," terangnya.

Ketika disinggung mengenai sistem pelayanan di Kantor P2KP Bungku, Amor menjelaskan, bahwa calon wajib pejak terlebih dahulu mengambil nomor antrian sekaligus formulir untuk pengisian data masing-masing calon wajib pajak.

"Kemudian, bagi calon wajib pajak yang sudah melengkapi berkas dan mengisi formulir menyerahkan kepada petugas untuk diproses pembuatan NPWP," imbuhnya.

Penulis: Wardi Bania

Baca Juga