Kehadiran Polres Morowali, Upaya Polri Menjaga Stabilitas Kamtibmas

Morowali, Akuratnews.com - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tengah (Sulteng), Irjen Pol Drs. H. Syafril Nursal, S.H, M.H meresmikan operasional Kepolisian Resort (Polres) Morowali yang dilaksanakan di Mapolres Morowali Kompleks Perkantoran Funuasingko Desa Bente Kecamatan Bungku Tengah Morowali, Kamis (16/1/2020).

Selain Kapolda Sulteng Drs. Syafril Nursal, S.H, MH, peresmian tersebut dihadiri Anggota DPR RI Drs. H. Anwar Hafid, M.Si, Pejabat Utama Polda Sulteng, Bupati Morowali Drs. Taslim, Wakil Bupati Morowali Dr. H. Najamudin, S.Ag, S.Pd, M.Pd, Ketua DPRD Morowali Kuswandi, Dandim 1311 Morowali Letkol Inf. R.Y.Rahaja, SH, M.Pol, Kapolres Morowali AKBP Bayu Indra Wiguno, S.IK, M.IK.

Turut hadir pula, Kapolres Morowali Utara, Kapolres Poso, Kapolres Donggala, Kepala BNN Morowali, Pimpinan OPD Lingkup Kab. Morowali, PJU Polres Morowali, Para Camat, Danramil dan Kapolsek se-Morowali, Pimpinan Perusahaan serta sejumlah tamu undangan lain sekitar 1000 an orang.

Kapolres Morowali, AKBP Bayu Indra Wiguno, SIK, MIK dalam laporannya, menyampaikan ucapan terimakasi kepada pimpinan yang telah memberikan kepercayaan sebagai Kapolres di Morowali.

"Saya akan bekerja keras untuk menciptakan rasa aman di Morowali dengan slogan tepe asa maroso. Ucapan terimakasih juga saya sampaikan kepada Pemda Morowali yang sudah mendukung dan membantu proses peresmian hari ini," ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Morowali Drs. Taslim mengaku, bangga dan senang atas kehadiran Polres Morowali di Bungku. Ia menilai berdirinya Polres Morowali dapat memudahkan pelayanan administrasi masyarakat.

"Sebab hadirnya beberapa perusahaan dan 35 ribuaan tenaga kerja asing maupun lokal, akan berdampak pada stabilitas kemanan di tengah masyarakat Morowali," terangnya dihadapan Kapolda Sulteng.

Sementara itu, Kapolda Sulteng, Syafril Nursal mengatakan, setelah melalui perjalanan panjang, akhirnya Polres Morowali terbentuk berdasarkan Surat Keputusan MENPANRB nomor : B/849/M.KT. 01/2019 tanggal 18 september 2019 tentang peningkatan tipe Polres dan Pembentukan Polres Baru di seluruh Indonesia yang selanjutnya diresmikan hari ini.

"Peresmian Polres Morowali ini, merupakan tindak lanjut dari keputusan Kapolri Nomor : KEP/1870/X/2019
tertanggal 20 Oktober 2019 tentang pembentukan Polres Morowali Polda Sulteng," ucap orang nomor satu di Polda Sulteng.

Pembentukan, tambahnya, maupun persmian Polres Morowali bagian dari upaya Polri dan Polda Sulteng untuk menjawab tantangan tugas yang semakin kompleks sekaligus mendekatkan pelayanan kepolisian masyarakat kabupaten Morowali.

"Ini tidak lepas dari komitmen Polri dan Polda Sulteng, untuk menjamin dan menjaga stabilitas kamtibmas di Sulteng, guna terselenggaranya pembangunan nasional dan daerah," tuturnya.

Untuk itu, Kapolda Sulteng berharap, agar bisa lebih meningkatkan peran dan fungsinya sebagai pemelihara Kamtibmas, sebagai alat negara, sebagai penegak hukum, serta sebagai pengayom dan pelindung serta pelayan masyarakat. Karena Rasa aman adalah hak hakiki yang harus dimiliki masyarakat, agar pembangunan bisa berjalan baik.

"Ini sejalan dengan kebijakan Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo untuk menghadirkan aparat negara ditengah masyarakat. Jadi haruslah dibalas dengan pengabdian yang terbaik dan harus bersinergi dengan seluruh pihak," tuturnya.

Usai sambutan Kapolda Sulteng, kegiatan dilanjutkan dengan penekanan tombol dan pengguntingan pita tanda di resmikannya operasional Polres Morowali. Kemudian dilanjutkan dengan peninjauan Kantor sementara Polres Morowali sekaligus makan siang bersama. Dan diakhiri dengan konferensi pers. (Wardi)

Penulis:

Baca Juga