Pasien PDP di Morowali Ditolak RSUD Morut?

Delna Lauende (Kadis Kesehatan Kabupaten Morowali Utara)
Delna Lauende (Kadis Kesehatan Kabupaten Morowali Utara)

Morowali, Akuratnews.com - Warga Desa Belopa Kabupaten Luwu Provinsi Sulawesi Selatan yang ditetapkan berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) oleh RSUD Morowali, telah dirujuk ke RSUD Morowali Utara. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Morowali.

Akan tetapi berdasarkan informasi yang diperoleh, pasien PDP rujukan dari RSUD Morowali tersebut ditolak oleh pihak RSUD Morowali Utara. Dan hal itu, dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Morowali Utara Delnan Lauende saat dikonfirmasi via telepon Rabu malam (1/4).

Ia menyatakan, sebenarnya pasien PDP rujukan dari RSUD Morowali tidak ditolak oleh pihak RSUD Kolonodale. Akan tetapi, prosedur tetap (protap) belum dipenuhi oleh pihak RSUD Morowali.

"Sebenarnya, pihak RSUD Kolonodale tidak menolak pasien rujukan itu. Hanya saja, pihak RSUD Morowali antar pasiennya tanpa ada kesepakatan dari pihak RSUD Kolonodale. Kan hal seperti itu, tidak sesuai protap,"ungkap Kadis Kesehatan Kabupaten Morut yang juga ditunjuk sebagai Jubir Satgas Covid-19.

Wanita yang akrab disapa Delna ini menjelaskan, seharusnya sebelum merujuk pasiennya pihak RSUD Morowali terlebih dahulu memastikan kesiapan pihak RSUD Kolonodale.

"Sementara, pihak RSUD Kolonodale belum ada kesiapan menerima pasien rujukan. Soalnya, sebelum menerima pasien yang hendak dirujuk, pihak RSUD Kolonodale juga harus menyiapkan semua fasilitasnya. Harusnya pihak RSUD Morowali menunggu respon dari pihak RSUD Kolonodale, kalau semua sudah siap baru dirujuk,"jelasnya.

Sementara itu, terkait tidak diterimanya pasien PDP untuk dirujuk di RSUD Kolonodale Jubir Satgas Covid-19 Morowali Ashar Ma'ruf menyatakan bahwa pasien asal Belopa itu telah di rujuk ke Rumah Sakit rujukan lainnya.

"Terkait dengan pasien dirujuk oleh pihak RSUD Morowali, menurut Direktur RSUD Morowali bahwa pasiennya sudah diteruskan ke RSU Undata Palu sebagai pusat rujukan untuk Sulteng,"ujar Ashar yang mengutip pernyataan Direktur RSUD Morowali ini.

Penulis: Faisal

Baca Juga